Agro Bisnis Ikan Bibit Lele dan Lainnya

Senin, 07 Desember 2009

Indonesia Ekspor Lele Asap ke Timur Tengah

“Indonesia sebenarnya sudah mulai mengirimkan lele asap ke Singapura dan Malaysia, hanya saja jumlahnya masih sangat kecil hanya kuintalan dan maksimal 1 ton,” kata Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Departemen kelautan dan Perikanan (DKP) DR Victor PH Nikijuluw, kepada Jakartapress.com, Sabtu (30/5) usai membuka Bimbingan teknis (Bimtek) Pemberdayaan Tenaga Kerja Pengolahan dan Pemasaran di pendopo Dipokusumo, Purbalingga.

Dikatakan Victor, ekspor ikan dalam bentuk olahan seperti lele asap dimaksudkan untuk meningkatkan nilai ekspor. Jika sebelumnya ekspor lebih pada ikan segar yang dipadatkan, kini lebih pada diversifikasi ekspor ikan. “Ikan lele itu kita belah kemudian dimasak dengan vile, dipacking dan diberi label merk dari Indonesia . Volume yang kita ekspor tidak bertambah, tetapi ada diversifikasi peningkatan kualitas ekspor ikan,” kata Victor.

Ekspor ikan lele asap ke Malaysia dan Singapura dicukupi dari produsen di Bogor Jawa Barat. Namun, produsen ini juga masih disuplay dari Boyolali dan Yogjakarta. “Kami harapkan pula untuk memenuhi kebutuhan ekspor ke Malaysia dan Singapur bisa dipenuhi dari wilayah Banyumas termasuk Purbalingga. Hal ini karena pada saat-saat tertentu produksi lele di Bogor dan wilayah Jawa Barat lainnya masih kurang,” kata Victor.

Ditambahkan Victor, target nilai ekspor pada tahun 2009 ini justru dinaikan ketika dunia tengah mengalami krisis keuangan. Nilai ekspor tahun ini sebesar US $ 2,8 Milyar, sedang sebelumnya pada tahun 2008 nilai ekspor sebesar US $ 2,6 milyar. “Peningkatan nilai ekspor tidak dengan meningkatkan volume ekspor ikannya, tetapi disiasati dengan peningkatan diversifikasi dan kualitas ikan yang diekspor,” kata Victor. (Py)

[sumber: Jakartapress.com]



1 Komentar:

Blogger Unknown mengatakan...

gan bisa terima ikan lelenya ga,kalau bisa saya mau kirim. atau add fb doentomp@gmail.com saya tertarik untukbisnis lele asap

26 Februari 2015 pukul 10.18  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Click here to join agromania
Click to join agromania
Subscribe to agronursery

Powered by us.groups.yahoo.com

Subscribe to agrokita

Powered by us.groups.yahoo.com