Agro Bisnis Ikan Bibit Lele dan Lainnya

Selasa, 15 Desember 2009

"Apa sih perbedaan Lele Dumbo dengan Lele Sangkuriag"

Hari senin (14/12) saya dan rekan-rekan pergi untuk membeli Indukan Lele sangkuriang, karena pada dassarnya saya penasaran dan selalu bertanya: "Apa sih perbedaannya dengan Lele Dumbo?". Saya pikir ini kesempatan saya untuk mengetahuinya dengan mata kepala saya sendiri.

Kami tiba di sebuah rumah kecil didaerah bogor yg bernama Sindang barang, terdapatlah dirumah tersebut beberapa kolam kecil berisikan bibit-bibit ikan sangkuriang. Tak lama kemudian Kami ditunjukkan Indukan yg di janjikan, yaitu: 5 pejantan, dan 10 betina. Sekilas tidak ada perbedaan yg menonjol dgn indikan lele dumbo, tapi akhirnya terlihat jelas sekali perbedaan yg cukup seknifikan, yaitu:
  1. Dibagian kepala ada bintik-bintik putih (bukan kerena "white spot"), sedangkan di dumbo hitam pekat.
  2. Bagian kepalanya juga sedikit rada melekuk kebawah.
  3. Ada kayak gambar garis-garis putih dibagian kepala.
  4. Dari leher hingga buntut tidaklah terlalu ada perbedaan dgn lele dumbo.
Yang telah dituliskan di atas adalah perbedaan indukan, sekarang perbedaan benihnya:

  1. Kepala lebih bulat, tdk terlalu kedepan.
  2. Kulitnya terlihat coklat, seperti coklat batangan.
  3. Pertumbuhannya lebih cepat dibanding Lele pada umumnya.
Setelah melihat perbedaan keduanya barulah rasa penasaran saya hilang, tapi indukan tidak jadi kami beli, karena kondisinya tidaklah baik lagi, harga yg ditawarkan juga sama dengan harga Paket indukan dari BBPBAT Sukabumi sebesar: Rp 500.000,00. Saran rekan saya: "Lebih baik belinya ditempatnya di BBPBAT, karena sudah pasti kualitasnya cukup baik".

Saya harap dengan artikel sederhana ini bisa membuat anda semua yang penasaran dengan Lele sangkuriang bisa terjawab.

Terima kasih.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Click here to join agromania
Click to join agromania
Subscribe to agronursery

Powered by us.groups.yahoo.com

Subscribe to agrokita

Powered by us.groups.yahoo.com